Minggu, 28 Juni 2015

Ramadhan Jazz Festival 2015



Ramadhan Jazz Festival! Yah itulah event yang gue datangi kemarin tanggal 26 Juni di Plaza Masjid Cut Meutia, Menteng Jakpus. Sebelumnya gue enggak tau ada event ini dan gue juga kali pertama datang, padahal ini event udah berjalan selama lima tahun kebelakang (payah banget ya gue). Gue mendapatkan info dari grup komunitas StageID di facebook jam satu siang. Hari itu dimana adalah hari Jum’at. Lantas gue tertarik untuk datang ke event tersebut, secara gratis dan guest starnya keren – keren. Ada Raisa, Kunto Aji, Abdul & The Coffe Theory, Sore, Abenk Alter, Emerald, dan pastinya band paling keren dari Indonesia yang sering manggung di negara – negara belahan dunia yaitu White Shoes & The Couples Company.

Ini gue dadakan banget, karena sebelumnya enggak terencana. Terencananya ya setelah jam satu siang itu, dan gue berangkat sore jam lima. Sebelumnya gue menghubungi teman gue (bang Rude) untuk mengajak ke event tersebut. Tanpa panjang pikir ya dia mau.

Jam 3 gue mulai mempersiapkan barang yang akan dibawa terutama kamera, karena tujuan utama gue itu ya motret. Karena gue berangkat sore, memperkirakan bakal buka puasa dalam waktu diperjalan. Ya gue siapin makanan untuk membatalkan seperlunya. Gue bawa susu kedelai, kolak, dan kurma (sunnah nabi nih hehe), tadinya mau bawa banyak makanan berhubung temen gue enggak mau mampir dulu kerumah, yaudah secukupnya aja buat berdua.

Jarum jam terus berjalan mendekati angka lima sore. Kendaraan yang gue gunakan adalah motor yang membuat gue nyaman kemana – kemana, ya supra emprit haha. Jangan salah loh doi udah sering ditumpangi mantan – mantan gebetan gue haha. Ya paling jauh main sama doi ini Cuma ke daerah Menes deket Labuan, Pandeglang dan sudah bosan doi mengitari kota Jakarta dari mulai pusat, barat, selatan, utara dan timur. Tepat jam lima, gue samper temen gue. Oke siap untuk berangkat.
Perjalanan mau keluar komplek rame banget, banyak yang ngabuburit. Sambil berjalanannya motor, awalnya gue yang bawa sampai pom bensin terdekat setelah itu temen gue yang bawa. Gue mikir, lanjut bawa motor aja sampai Jakarta atau naik umum aja ya. Masalahnya ngejar waktu juga sih. Naik motor pasti macet, naik umum juga macet sih pasti, lebih tepatnya macet di uangnya buat bayar ongkos haha. Gue ini orangnya sedikit perhitungan ya (untuk masalah waktu) haha. Tapi kalau buat temen mah ngapain perhitungan, nikmati saja (assiik). Jadi gue memutuskan bawa motor aja sampai lokasi, karena gue mikir pasti ini event sampai malem banget. Ribet baliknya lagi kayak cerita gue dipostingan sebelumnya ini (tidak berjalan seperti biasanya).


Perjalanan hampir satu jam, sudah sampai di Tangerang. Magrib, singgah sebentar di pom bensin sekitar 10 – 15 menit lanjut lagi perjalan, gue yang ambil alih bawa motor. Untuk mengejar waktu gue bawa motor lebih cepat daripada temen gue. Ya sudah memasuki Jakarta Barat, macet mulai dari daerah Jembatan Baru. Panjang banget, padat merayap. Kirain macet lampu merah, taunya ada masalah dengan busway di jalan layang. Sumpah pegel banget jemari tangan kanan gue. Gas rem gas rem terus sepanjang perjalanan macet itu kurang lebih 4 – 5 km, lumayan. Tibanya di daerah Menteng, rekan gue dari StageID nge-Whatsapp nanya gue dimana. Gue sama temen gue lagi nanya – nanya orang sekitar lokasi Masjid Cut Meutia ini. Ketemulah lokasinya, parkir motor lalu segera menuju pintu masuk. Itu gue tiba jam 8.

Gue ketemuan dulu sama rekan dari StageID ini. Ngobrol – ngobrol sebentar sambil nungguin acara mulai sembari ngeluarin kamera, setting sebentar. Nunggu ID untuk akses motret. Langsung gue melipir ke depan area stage. Sumpah rame banget, penuh sesak sana sini. Mana pas gue berdiri didepan diteriakin sama mbak – mbak suruh duduk. Gue sih stay cool aja tetep berdiri. Kaki gue di toel – toel terus, iya nyuruh gue duduk. Emang keadaan posisi penonton pada saat itu lagi pada duduk semua. Gue enggak ngerasa bersalah sih, posisi gue emang didepan tapi enggak ditengah, tepatnya disamping kanan area stage. Rekan – rekan dari media dan teman – teman photographer juga posisinya sama kayak gue beridiri. Itu udah penuh banget, ribet untuk gerak dikit. Stage ini enggak ada barikadenya jadi langsung menyatu dengan penonton, tinggi panggunnya juga Cuma kurang lebih setinggi 140 – 150 cm atau seperut gue lah posisi tingginya. Tiba – tiba terdengar suara ramai dari arah belakang kanan gue. “Duduk.. duduk.. duduk.. duduk..” berkali – kali tuh anchor duduk haha. Risih sih gue digituin, diliatin banyak orang haha. Lagian juga ini acara gratisan, yaelah. Ribet dah. Karena yang teriak terus – terusan, akhirnya gue dan teman – teman media duduk juga beberapa saat. Pas Abdul And The Coffee Theory perform, gue bediri lah. Masa gue mau motoin kepala orang doang haha. Seperti biasanya suara riuh menyuruh duduk dari belakang masih terdengar. Ada mbak – mbak yang sewot sama gue, ngomongin gue dari belakang. “mas mas duduk dong, enggak keliatan nih.. yaelah mas enggak bisa duduk apa yah”. Gue juga ngerasain kok bagaimana perasaan penonton yang dibelakang kanan ini. Dalam hati, lagian inikan acara musik outdoor ya berdiri ajalah biar lebih bisa menikmati, emangnya acara Tausyiah.

Enggak beberapa lama Raisa mau perform, MC-nya menyuruh pada berdiri semua karena pengunjung yang diluar masih banyak yang belum bisa masuk karena space didalam juga penuh dan berkurang karena penonton ini banyak yang duduk. Anak – anak media langsung pada seneng aja, dan ada yang nyindir ke penonton yang nyuruh duduk. “ciee nyuruh duduk tapi berdiri juga haha”.
Gitu dong dari tadi berdiri kan lebih enak. Selain penuh sesak oleh penonton juga, area depan tengah samping kanan – kiri juga dipenuhi sama photographer – photographer dari media yang jumlahnya puluhan. Ya ada juga mungkin dari fans – fansnya para bintang tamu, dan amatir. Bersatu menjadi satu. Untungnya posisi gue ini depan kanan kiri photographer cewek mencoba menikmati haha. Padahal spot gue berdiri ini kurang pas buat gue pribadi, karena disamping enggak ditengah stage. Susah untuk bergeser – geser sedikit.

Ya satu persatu guest star bergantian mengisi acara. Gue sambil menikmati aja, kalau hapal lagunya ya motret sambil nyanyi, kalau enggak tau lagunya yaudah fokus motret aja hehe.
Sumpah badan gue berasa dehidrasi banget, haus. Pengen minum enggak ada minuman, terakhir minum pas magrib tadi. Waktu semakin larut malam. Guest star yang gue tunggu – tunggu belum tampil juga, ya White Shoes. Sekitar jam satu lewat mulai lah White Shoes perform. Masih banyak penonton yang menunggu White Shoes perform, semakin malam semakin ramai. Ya mungkin beberapa ada yang pulang juga enggak sampai acara selesai.

Singkat cerita, sampailah dipenghujung acara. Puas banget bisa nyanyi bareng White Shoes, teriak – teriak. Hampir habis suara haha. Oke saatnya pulang
Jam 2 dini hari gue menuju pulang kerumah dari lokasi tersebut, yang bawa motornya temen gue. Ya soalnya pas berangkat gue yang bawa, gantian hehe. Berhubung udah dini hari, lalu lintas di jalan raya tidak terlalu ramai alias sepi. Temen gue bawanya rata – rata 70km/h enggak lebih dari 80km/h. Ya gue sebagai temannya memotivasi aja dari belakang, kalau setiap lampu merah gue suruh terobos aja haha (waduh jangan dicontoh ini), tapi gue bilang hati – hati kalau mau nerobos liat kondisi dulu jangan ngebut – ngebut. Gitu sih.


Ya jam tiga lewat tujuh menit sudah sampai rumah. Cuma sejam Cikande – Jakarta. Duuh kalau begini tiap hari mah, gue main terus ke gedung idola di Sudirman *eh haha. Oke sekian. Gue menunggu Ramadhan Jazz Festival 2016, ada yang mau ikut sama gue? Ditunggu ya haha (terutama cewek)

Beberapa hasil photo kemaren..

Abdul And The Coffee Theory at Ramadhan Jazz Festival 2015





Raisa at Ramadhan Jazz Festival 2015


SORE band at Ramadhan Jazz Festival 2015

Kunto Aji at Ramadhan Jazz Festival 2015

Bassistnya Abdul & The Coffee Thoery at Ramadhan Jazz Festival 2015



White Shoes & The Couples Company at Ramadhan Jazz Festival 2015

Yang lainnya gue upload di twitter gue @dikardus

5 komentar:

  1. Wah...jadi pengen nonton taun depan. Anyway, keren2 fotonya!

    BalasHapus
  2. Yah gua kira eventnya bayar, makannya gua nggak dateng...

    BalasHapus
  3. Ternyata itu event gratis? Tau gitu mah gue dateng. mana ada raisa lagi..

    BalasHapus