Minggu, 24 Juni 2018

Investasi Kesehatan Itu Penting

Gue menulis tulisan ini adalah sebagai self reminder.

Menjaga kesehatan jiwa raga itu perlu. Dengan cara apa? Banyak, rutin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, dan berpikir hal - hal positif.

Generasi saat ini, yaa saat ini. Mungkin banyak yang mengabaikan pola hidup sehat. Salah satunya gue. Gue tinggi badan 175 dan berat badan saat ini 57kg, itu enggak termasuk ideal secara BMI (Body Mass Index), kurus. Hmmm.. Faktor apa saja mempengaruhi? Banyak, pola tidur yang enggak disiplin, kurang berolahraga, kurangnya asupan makanan yang kaya akan serat dan vitamin, atau terlalu memikirkan sesuatu yang membuat stress.
Lalu? Ya mulailah teratur terhadap pola asupan makan, berolahraga, dan selalu berpikir positif (yaa walaupun kadang suka suudzon, mulai kurang - kurangi laa).

Menurut gue problematik anak muda saat ini adalah ingin tubuh ideal tapi enggan mau berolahraga dan menjaga asupan pola makan yang sehat, contohnya gue, sering makan banyak tapi kok enggak gemuk gemuk, atau beberapa temen cewek gue, udah diet, mengurangi porsi makan hariannya tapi enggak kurus - kurus. Mungkin ada yang salah. Iya kurangnnya olaharga. Peran olahraga itu sangat penting ya untuk kebugaran jasmani kita. Misal jogging, baik untuk jantung, mencegah kanker, menguatkan tulang, bukan hanya itu dapat membakar lemak berlebih pada tubuh jika dilakukan dengan rutin.

Gampangkan? Masalahnya adalah penyakit kebanyakan kaum muda saat ini adalah mager (males gerak). Tiduran, main hp, musikan, tau - tau detik waktu berlalu begitu saja. 

Suka makan yang cepat saji, junkfood. Biasanya kaum muda yang sering konsumsi ini tinggalnya di sekitaran kota, enak sih. Cuman kita enggak tau beberapa tahun atau jangka panjangnya nanti apa yang terjadi dan efeknya terhadap tubuh dan kesehatan kita nanti. Untuk saat ini mungkin aman - aman saja.

Kenapa orang - orang yang tinggal di perkampungan yang jauh dari kota terlihat lebih sehat, contohnya kakek kakek dan nenek nenek berdasarkan yang gue lihat mereka yang tinggal diperkampungan kondisi fisiknya masih lebih kuat dibanding yang tinggal di perkotaan. Mungkin dari makanan dan udara, yaa bisa mempengaruhi juga. Kan kalau di perkampungan, apa yang ia tanam itu yang ia makan. Tanpa ada bahan disenfektan. Yaa atau tukang - tukang sayur yang berjualan yang mengambil sayurannya dari perkebunannya langsung. 

Jadi ayoklah jaga kesehatan diri kita. Investasi kesehatan itu penting, untuk hidup yang lebih sehat kedepannya. 

0 komentar:

Posting Komentar