Minggu, 05 April 2015

Mari Donor Darah!

Tadi pagi sekitar jam 10 gue berangkat ke tempat donor darah yang berada di komplek perumahan gue tepat dilapangan di depan bekas TK gue dulu. Awalnya berencana berangkat pagi jam 8, karena gue tidur jam 2 dini hari (biasa online dulu, ngebacot di media sosial *padahal  mah ngestalkingin akun media sosial gebetan*) terbangunlah jam 9 pagi. Yaudah tak lama dari gue bangun tidur, mandi, sarapan baru deh sms bang Rude (temen gue) dulu ngajakin berangkat ke tempat donor darah. H-3 sebelum donor darah bang Rude inilah yang berinsiatif ngajakin gue donor darah, katanya dia pengen nyobain  donor darah (gue tau padahal mah pengen dapet makanan dan minumannya  itu aja haha peace bang Rude). Gue langsung merespon positif untuk menerima ajakannya. Sebenarnya tujuan utama gue ingin donor darah itu Cuma ingin tau golongan darah gue itu apa. Ya sebelumnya selama 18 tahun ini (jalan 19 tahun)  gue belum pernah donor darah. Ya mungkin karena faktor badan gue yang kurang ideal, kurang berat badan (barusan gue nimbang 56kg). Gue mikirnya, kalau gue donor darah badan kurus begini apa yang mau diambil? Ya darahnya lah dik, masa dagingnya yang mau diambil lagian enggak ada, mungkin itu tadi keberatan tulang doang haha . Hadeeuuhh.

tempat dimana gue mau donor darah

Sesampainya ditempat donor darah, kali pertama mau markirin motor duuuh
diliatin bidadari  (ini yang bikin nambah semangat) yang mau donor darah juga, jadi salting akhirnya pindah tempat parkir nyari yang tempat teduh. Kemudian bang Rude nanya ke orang yang mau donor darah juga yang udah megang kertas pendaftarannya, katanya langsung aja ke tempat pendaftaran ambil kertasnya, gue dan bang Rude langsung menghampiri meja pendaftaran. Ditanyain sama petugasnya  “udah pernah donor darah sebelumnya?”, gue jawab belum. Diberilah kertasnya dan gue isi. Ketika mau ngisi kertas itu gue baca – baca dulu sebelumnya. Gue nanya sama bang Rude, ini dikolom pekerjaan enggak ada kolom pengangguran? Haha. Karena gue bukan mahasiswa dan enggak bekerja disuatu perusahaan orang lain, maka gue ceklis kolom wiraswasta (tukang foto komersil bisa mengabadikan gambar tergantung kebutuhan client *spesialis photo panggung* dan tukang sablon, branding dikitlah). Selesainya diiisi gue serahkan kembali sama petugas, nanti katanya bakal dipanggil namanya untuk dicek tensi darahnya sama golongan darahnya, apakah layak untuk diambil atau tidak.


Kertas Pendaftarannya

Menunggulah gue kurang lebih 2 jam’an, disaat menunggu gue enggak bosen karena disitu masih ada bidadari juga sebut saja namanya Dindah (itu emang nama aslinya -_- tapi enggak pake huruh “h”, gue tau nama dia pas dipanggil pakai microphone oleh petugas), berparas wajah cantik, berkacamata, berbusana yang sangat amat sopan sesuai ajaran agama gue, mungkin umurnya diatas setahun atau dua tahun dari gue (asal nebak aja). Duuh gue jadi zina mata nih, ya mau gimana lagi setiap dia tersenyum itu meneduhkan hati dan yang melihatnya bisa tergugah (alay banget lo dik), eh tapi benaran. Tiba – tiba bang Rude bilang gini “enak banget tuh bapak – bapak bisa megang tangannya (lagi cek tensi darah sama golongan darah)”, ya kan dia petugas balas gue.

Selama gue menunggu untuk dipanggil tes tensi darah sama mengetahui golongan darah,  gue terus berbincang – bincang dengan teman gue, gue bilang gini ke bang Rude. Kira – kira menurut lo golongan darah lo apa?, dia jawab kayaknya B. Gue membalasnya, B? Bego? Haha (enggak lucu sih, tapi ketawa ajasih. Haha gitu, coba sekali lagi haha gitu. sip). Gue menebak – nebak golongan darah gue, kayaknya AB deh, soalnya kalau gue baca – baca artikel tentang sikap – sikap golongan darah kayaknya golongan darah AB pas aja gitu sama gue, terkadang sih. Kata bang Rude, dia mikirnya dulu itu donor darah Cuma setetes darah doang terus  karena banyak orang yang nyumbang jadi banyak, “tuh baca dik, setetes darah anda menyelamatkan orang lain” ya enggak setetes juga hadeuuuh haha. Tiba – tiba terdengar dari suara microphone “pengumuman untuk bapak –bapak, ibu – ibu dan saudara sekalian. Sebelumnya mohon maaf banget, jumlah kantong darah yang dibawa PMI udah mau habis karena hanya bawa 90 kantong, dan jumlah pendaftar melebihi 90 orang dan itu sudah kami tutup pendaftarannya karena semakin banyak dan untuk makananan dan minumannya sepertinya untuk yang  sisa 30 orang tidak terbagi karena hanya sedia 60, mohon maaf banget inimah. Semoga yang belum kebagian bisa dibalas oleh Tuhan yang maha Esa” Seketika gue melihat bang Rude, dan dia berkata “Jangan lemes gitu dong dik”, enggak lagian gue enggak mengharapkan. Kan tujuan utama gue Cuma pengen tau golongan darah gue apa.

Jarum jam menunjukan angka 12 dan semakin dekat nama gue untuk dipanggil sama yang Maha Kuasa (astagfirullah, bukan – bukan. Maksudnya sama petugasnya, tapi bener juga sih dipanggil sama yang Maha Kuasa karena Adzan Dzuhur. Da akumah apatuh, seorang manusia yang tak luput dari kesalahan dan dosa dosa, dan selalu salah dan jahat dimata kamu, iya kamuu. Huuuaaaa pake emot nangis kejer *alay*).

Singkat cerita, gue udah didalam mobil donor daerah untuk diambil darah gue sebanyak 250cc dan ternyata golongan darah gue B dan golongan darah bang Rude O. Petugasnya langsung nanya “baru pertama kali yah? Berani enggak?”, sontak gue menjawabnya “iyanih, yah dicoba aja” sambil senyum najis. Ketika orang yang disamping gue yang donor darah juga, pas dimasukin jarum. Gue mikir duh sakit enggak ya, gue kira mati rasa kulit gue, kiran dikasih obat baal (bener enggak sih tulisannya), eh taunya Cuma dibersihin sama alkohol doang. Pas jarumnya dimasukin gue enggak melihatnya, dalam hati aduh (soalnya gue enggak pernah diimfus atau impus sih, dimasukin jarum ? Paling disuntik doang pas bayi (enggak kerasa) dan SD , awal – awal rasanya nyut – nyutan haha). Tenang enggak sakit kok. Darah mulai mengalir, karena gue orangnya rada bawel, gue banyak berbincang sama petugasnya. Beberapa diantaranya gue nanya, “mas ini gimana bisa ngalir masuk ke kantong?”, dia bilang itu karena gravitasi dan jantung yang memompanya. Gue jawab oh doang. Gue nanya lagi, “ini untuk donor darah secara berkala waktu yang baik jangka waktunya berapa kali sekali?”, kata dia baiknya tiga bulan sekali.  Dia nanya, pusing atau mual enggak? Gue jawab enggak biasa aja. Dia juga menyarankan gue untuk donor darah lagi, biar sehat. Sirkulasi darahnya biar lancar, dan sel – sel darahnya terbentuk yang baru lagi.

Kantong darah yang menyedot - nyedot darah gue

Kantong darahnya udah mulai penuh, petugasnya menstop aliran darah yang diselang (entahlah bahasa kedokterannya apa) dan memutuskan selangnya. Jarum masih menempel dilengan tepatnya deket persendian di sikut tangan. Untuk mencabut jarumnya petugasnya bilang ke gue, tahan nafas. Oke gue lakuin tarik nafas lalu ditahan, dicabut deh jarumnya dengan cepat. Jarum udah dicabut lalu diberi kapas beralkohol tempat dimana jarum itu dimasukin, petugasnya bilang lagi. Tahan kapasnya (ditekan) terdengar seperti dia bilang tahan napasnya, yaudah gue tahan napas. Dia tersenyum, tahan kapas, bukan tahan napas. Aduh gue ketawa hahas. (ketawa dong, haha gitu) hahaha.  

Selesai diambil darah gue, petugasnya nyuruh untuk mengambil kartu donor darahnya  untuk donor darah kembali secara berkala. Duh mana petugas yang bagian ngasih kartu dan konsumsi ini senyum mulu, cakep pula. Betah deh donor darah sampai habis darahnya juga enggak apa – apa, asalkan ada Dindah juga yang tadi diatas cerita ikut donor darah juga (sungguh amat lebay). Dan gue sama bang Rude ini juga tersenyum karena mendapatkan bungkusan bahagia. You knowlah. Hehe.   

 kartu donor darah

 kartu ucapan


Oke sekian dulu cerita yang gue tulis ini, ayo donor darah biar banyak orang yang terselamatkan dengan darah yang kita sumbangkan. Enak kok, enggak terasa lemas dan sakit. Ini gue malah pengen donor darah lagi. Direkomendasikan banget nih buat anak kost’an yang mau dapet makanan dan minuman gratis, lumayan haha. Sering – sering aja ya buat anak kost’an, nanti kalian jadi KD bukan Krisdayanti, tapi kurang darah hehe (enggak lucu dik, emang enggak lucu yeee kata siapa lucu). 

bus mini PMI daerah Serang

4 komentar:

  1. Gue masih takut nih kalo di suruh donor darah. Padahal bungkusannya isinya enak-enak. Abis donor rasanya gimana tuh ? Nyut-nyutan gak ? Gue baca ini sambil merinding juga, gue bayangin kalo gue pendonornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak - enak isinya, lumayanlah haha. Rasanya biasa aja, cuma sedikit nyut - nyutan bekas jarumnya itu tapi enggak lama rasa nyut - nyutnya itu ilang kok :D
      Coba aja kali - kali ikut, enggak bakal ngurangin berat badan kok hehe.

      Hapus
  2. cie yang baru pertama kali donor :3
    Gue udah 4 kali loh! Info aja sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyanih duh jadi malu :3 petugasnya juga nanya, "kok baru donor skrg?"
      haha

      Hapus