Rabu, 04 Juni 2014

Serunya Ngekost

Ngekost, gue juga punya pengalaman ngekost pada saat masih sekolah. Gue ngekost hanya tujuh bulan. Terbilang tidak terlalu lama, ya sebentar tetapi selama tujuh bulan ini banyak banget yang udah gue dapati mulai dari cerita, pengalaman dan curahan hati akan gue bahas dipostingan ini.

Ngekost, dari kata – kata kost’an kayaknya banyak yang berpikiran negatif tentang kost’an. Entah, mungkin banyak yang mempergunakan kost’an sebagai tempat yang negatif.  Lain halnya dengan gue. Selama gue ngekost, syukur tidak banyak negatifnya (berarti ada negatifnya sedikit) ya mungkin negatifnya gue sama yang lain beda. Kalau gue paling negatif ketika ngekost adalah tidur terlalu larut malam (dirumah juga sama aja), bangun tidur agak telat dari biasanya dirumah apalagi kalo hari libur kadang - kadang bangun jam 8 – 9 (shalat shubuh keskip, duh) dan banyak mainnya, kayaknya itu aja. Selebihnya enggak macem – macem di kost’an.

Banyak yang beranggapan begini “ah anak kost’an mah makannya juga mie instant melulu tiap hari, mie rebus terus palingan, keriting tuh usus” siapa bilang gue makan mie rebus terus? Cuma mie goreng doang kok (sama aja, sama – sama mie). Eh tapi enggak kok, gue enggaak terlalu suka mengkonsumsi mie.

Kalau dibilang gue ini anak kost’an yang levelnya enggak terlalu ngenes soal makanan, pola makan gue sehari 3x, kadang – kadang 2xsehari (ini lagi enggak punya uang biasanya akhir bulan). Sarapan gue paling di kantin sekolah, kalau makan siang ini paling enak yaitu nasi padang (lauknya tiap hari beda – beda, kadang ayam, ikan, telur, rendang tergantung persediaan saja, kalo temen ngekost gue dia makannya sama ayam melulu nyusahin kan?), dan ketika makan malam gue enggak jauh – jauh dari Nasi Uduk, makan nasi uduk malem – malem iya didaerah deket kost’an gue yang pada jualan nasi uduk itu malah malam hari. So, pola makan gue selama ngekost enggak terlalu ngenes kan? Selain itu gue juga menambah masukan kedalam tubuh gue suplemen dan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Ngekost itu enak enggak sih? Jujur ngekost itu enak banget, enggak munafik dengan ngekost itu kita bebas. Ngerasain bebas dari orang tua, eits tapi jangan sampai menggunakan kebebasannya itu melewati batas yang enggak wajar, jangan salah gunakan kepercayaan orang tua terhadap lo (harus bisa jaga diri, biasanya yang rawan itu cewek). Tapi ada satu hal yang enggak enak, ya itu soal makan. Kalau dirumah kan enak tinggal makan aja, kalau ngekost itu harus nyari dan beli dulu. Lebih enak lagi kalo banyak uang jadi makan tinggal makan yang elo pengen tanpa memperhitungkan harganya.

Ngekost itu bisa membuat lo mandiri jika bisa mengendalikan diri, gue kan cowok. Yang enggak biasa gue lakuin dirumah gue ngelakuin dikost’an contohnya nyuci piring, dan nyetrika baju (ya dicuci dulu bajunya terus dijemur, ya terkadang ngelaundry juga sih dikala musim hujan dan kalau lagi males) itu yang gue lakuin selama ngekost. Bukan itu aja sih, banyak.

Lo harus bisa memanaj keuangan ketika ngekost, jikalau tidak bisa memanajnya dengan baik bisa – bisa duit lo cepat habis baru pertengahan bulan. Iya mentang – mentang awal bulan duit yang dikasih orang tua masih banyak lo beliin ini itu, makan yang enak –enak (mahal). Jadi gunakan uang sesuai kebutuhan bukan keinginan (cewek inget tuh).

Oiya, awal – awal  gue ngekost seminggu pertama, gue jatuh sakit (lemah banget kan gue?). Iya mungkin kaget kali yak dan belum terbiasa hahaha, tapi setelah itu lancar – lancar aja selama 7 bulan. Paling kalau sakit juga, sakit biasa kayak influenza (biasanya faktor musim), alhamdulillah enggak pernah sampai sakit typus atau demam tinggi. Jaga kesehatan ketika ngekost itu perlu, kalau udah sakit susah jauh dari orang tua.

Selama ngekost waktunya dihabiskan untuk apa saja sih?

Banyak mulai dari kegiatan positif, jujur gue enggak pernah belajar di kost’an males aja gitu paling baca – baca novel kegiatan yang paling gue suka, sama online. Selain itu banyak tugas sekolah yang gue selesaikan di kost’an bersama teman – teman kelas, mulai dari bikin iklan komersil, iklan layanan masyarakat, iklan audio, green screen, video clip, dan banyak lagi (ini lupa) itu digarapnya di kost’an. Kost’an gue juga pernah dijadiin buat studio photo dan tempat recording coveran lagu. Jadi kost’an gue itu multiguna dan gue bisa memanfaatkan untuk kegiatan seperti itu.
Kumpul sama teman – teman sekelas (enggak ikut semua sih) ya kost’an gue itu ibarat basecampnya teman sekelas gue (masa?), pada tau dimana kost’an gue berada. Untuk sekedar kumpul juga kita sering kumpul dikost’an gue terkadang saling sharing dan main aja. Kost’an gue kecil kok, enggak gede – gede amat. Untung yang yang punya kost’annya baik, welcome.

Pernah kangen keluarga enggak selama ngekost?
Pasti kangen, apalagi sama adek gue. Dia sering banget gue bercandain, suatu ketika gue pernah disuruh jangan ngekost lagi katanya tinggal dirumah aja. Sama kamu juga kangen kok (kamunya itu untuk siapa???).

Ngekost, selama gue ngekost banyak banget cerita yang gue dapati. Ada tetangga kost’an gue cewe namanya Chiki (bukan nama sebenarnya) dia pernah curhat ke gue, dia sudah bersuami. Dia cerita ke gue, dia dulu tuh anaknya bandel sering berantem, bolos sekolah, ngerokok juga, suka main sama cowo, ya pokoknya dulu tuh dia bandel tapi dari sisi bandelnya itu dia dari SMA udah bisa menghasilkan uang sendiri dari kerja dia (tukang parkir) ini non fiksi loh, nyata. Udah bisa beli baju sendiri tanpa minta ke orang tuanya. Dia mulai sadar ketika lulus SMA, dia bilang. Dulu gue bandel juga yak, tapi sebandel – bandelnya gue enggak sampe minum –minum. Chiki juga dulu berteman sama anak – anak punk, dia bilang ke gue. anak – anak punk itu kaya – kaya loh dik rumahnya gede - gede, tapi kenapa dia begitu karena dia enggak dapet kasih sayang dari orang tuanya. Kedua Orang tuanya pada sibuk kerja mencari uang sampai malam tanpa memperhatikan mereka dan kedua orang tuanya jarang ada dirumah dan mereka juga enggak dikasih kebebasan sama orang tuanya jadi begitu mereka. Chiki bilang lagi sama gue, tapi gue salut loh sama anak – anak jalanan/punky itu mereka solid banget dikala susah ataupun senang. Ya intinya mah kehadiran dan kasih sayang kedua orang tua itu sangat perlu disaat anak membutuhinya setiap saat.

Bukan Cuma cerita itu, adalagi nih. Ada seseoang penjual Siomay didaerah kost’an gue. Dia jualan mulai siang hari – sore hari – sampai malam hari, seenggaknya dalam waktu sehari pasti mamang itu lewat. Terkadang mamang itu sering ngasih kode ke gue untuk membelinya dengan membunyikan loncengnya berulang – ulang kali. Ya terkadang gue membelinya juga kadang juga enggak (emang lagi enggak ada uang). Suatu ketika mamang itu curhat ke gue pada saat gue lagi membeli siomaynya, basa – basi dulu awalnya.

Mamang PS (penjual siomay) : dek sekolah dimana?
Gue : Di Smea Negeri
Mamang PS : Oh kelas berapa?
Gue : Kelas 3, tahun ini lulus
Manang PS : Anak saya juga sekolah baru masuk SMP, oiya beli tas yang harga 100ribu dapet enggak?
Gue : dapet kok mang, tapi tergantung tasnya sih
Mamang PS : iyanih, saya lagi ngumpulin buat beliin tas baru anak saya cewe. Tasnya udah gembel, jadi  dia enggak mau sekolah. Malu katanya diledekin terus
Gue : ooh iyasih mang, cewek mah gengsian (jawab gitu doang, bingung soalnya)

Percakapan selesai, pas gue lagi makan siomaynya jadi enggak nafsu, gue merasa iba. Duh, serba salah ketika mamang itu lewat kalo gue enggak belinya, ya emang keadaan gue juga enggak ada uang terkadang juga masih kenyang karena udah makan siang. Tuh, jalani hidup apa adanya jangan gengsi. Orang tua itu selalu pengen ngasih yang terbaik ke anaknya, tapi anaknya ini enggak tau diri dan enggak tau perjuangan dibelakangnya itu seperti apa, banting tulang sana – sini Cuma untuk anaknya. (maafkan aku papah mamah :*)


Selama gue ngekost gue jadi tau kehidupan malam di kota yang gue huni ini. Pernah gue pada saat itu sama temen – temen gue iseng (niat sih) malem – malem mendatangi tempat – tempat orang pacaran di stadion (efek jomblo jadi kurang kerjaan), ternyata bukan malem minggu aja, dimalam – malam biasa juga selalu ada orang yang gelap – gelapan berdua. Duh, itu orang kayak enggak ada tempat lain aja yak (kost’an gue tuh pake *eh). Tepatnya pada saat itu jam 3 dini hari setelah gue balik dari emcede naldo abis nongkrong aja sambil wifi-an gratis, ada sekelompok orang berpacaran. Dia tanpa rasa  malu memeluk pasangannya dan ciuman, duh.  
Dan gue juga pernah sama temen gue kesalah satu tempat prostitusi di kota ini (Cuma lewat doang), gue sama temen – temen gue kepo jadi sekedar pengen tau aja keberadaannya, ternyata benar. Ada banyak, mulai dari bencong sampe yang cewek beneran juga ada. ketika gue sampai ditempat itu, kaget gue langsung disenterin sama salah satu PSK. Mungkin maksudnya kode kali ya, disuruh kesitu aja tapi gue lewat aja biasa sambil bawa motor. Gue jadi berpikir, kok ada ya? Kok bisa?. Kenapa mereka ini enggak bekerja seperti orang biasa saja tanpa memperjual belikan harga dirinya, apakah tuntutan ekonomi yang semakin sulit dengan keadaan sekarang ini atau memang mereka hypersex?. Hmmm sulit, terkadang gue juga kasian sama mereka. Masa depan udah hancur, memang tidak ada cara lain untuk mencari uang selain itu. Mending jadi orang pintar saja sekolah yang tinggi terus menjabat di negara terus korupsi deh, lebih dipandang banyak orang. Enak kan? Iya itulah para koruptor yang tidak tau malu dibanding PSK ketika masuk tv. Ah sudahlah~

Pengalaman – pengalaman horor juga ada, enggak tau deh menurut kalian serem apa enggak. Setel lagu Lingsir Wengi – Kuntilanak.  Awal –awal ngekost ya baru sekitar beberapa minggu, temen satu kost’an gue lagi nyuci piring dikamar mandi tiba – tiba dia dicolek gitu badannya. Dikirinya gue, padahal gue lagi didepan kost’an.
Lagi kumpul malam hari sama temen – temen gue lagi cerita horor, eh tiba – tiba gue ngeliat ada bayangan putih cewek lewat terbang gitu, gue langsung kaget.
Gue pernah lagi ngobrol – ngobrol aja sama temen gue jam 2 dini hari di depan kost’an, tiba – tiba ada angin lewat terus bau bangke gitu, sekitar 5 detik sampai 10 detik baunya enggak ilang – ilang. Temen gue bilang, katanya lagi ada disini dik. Enggak lama baunya ilang dan gue sama temen gue langsung masuk kost’an, enggak lama ayam berkokok. Kata temen gue, kan bener. Duh pada saat itu gue merinding banget.  Ini beneran loh.

Malam hari ketika lagi didalam kost’an, diluar berisik suara anak kecil gitu tepatnya di pos depan kost’an, pas gue keluar suaranya berenti dan enggak ada siapa – siapa. Pas gue masuk lagi suaranya ada lagi kayak suara tuyul lagi main gitu, ketawa – ketawa. Gue keluar kosan ngintip posnya sepi dan kosong enggak ada siapa – siapa, hening. Kemudian ada lagi suaranya berisik kayak lagi pada main gitu sambil ketawa nakut – nakutin gitu, gue bilang ke temen kost’an gue. itu diluar ada apaansih, berisik kayak ada suara anak kecil lagi main tapikan ini udah malem banget. Disamperin tuh terus ke pos sama temen gue, katanya enggak ada apa – apakok. Terbangun dari mimpi, eh mimpi taunya gue. soalnya semalemnya gue ditakut –takutin gitu, gue jadi paranoid sampai kebawa mimpi.
Tapi yang sering melihat dan merasakan hal – hal aneh itu temen ngekost gue,  gue jarang. Memang kost’an gue itu kalo lagi sendirian didalam auranya aneh aja beda.

Hmmm ngekost itu seru, iya seru kalau ada temen elo yang main ke kost’an apalagi ada orang yang elo suka main ke kost’an ( Iya kamuuu, main lagi dong ke kost’an aku yang baru nanti hahaha). Jadi bagi elo yang mau ngekost ya siapin mental kalian, tenang ngekost itu enggak terlalu sengsara selama persediaan uang kalian masih mencukupi untuk setiap harinya dan harus bisa menjaga diri sebaik mungkin, jangan mentang – mentang bebas kalian bisa ngapain aja di kost’an. Ya tau aturan aja, lakukan jika itu baik tinggalkan dan jauhi jika itu tidak baik. Bagi cewek yang mau ngekost usahain berdua deh sama temen ceweknya juga jangan sendiri, risih aja gitu apalagi kalo elo (cewe) udah punya pacar. Pacarnya main ke kost’an berduan, wah bahaya. Seriusan, kalau enggak bisa jaga diri mah banyak dorongan – dorongan negatif pastinya. Enggak percaya? Sok cobain aja, bukan pengalaman pribadi loh, gue pernah aja memperhatikan cewek yang sendirian  ngekost terus pacarnya datang, bukannya ngusik sih tapi pandangan orang bagaimana sih. Status pacaran, belum terikat suami istri tapi berduaan dalam kost’an?.

Mungkin cerita diatas yang udah gue tulis ini enggak sepenuhnya gue tulis, banyak banget soalnya kalo mau ditulisin disini. Makasih yang sudah membacanya, semoga bisa diambil sisi baiknya dari cerita diatas.






2 komentar:

  1. Dah hahahaha. Pengen ngekost juga ih, ntarlah ya kl udh kuliah, kudu ngekost kl misalkan ngerantau. Eyaaak. :D

    BalasHapus